Pabung 1013 / Muara Teweh Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

MUARA TEWEH  – www.liputankalteng.id || Pabung 1013 / Muara Teweh Mayor Infantri Heru Widodo pimpin upacara Bendera Merah Putih Di Makodim 1013 / Muara Teweh, Bertempat di Jalan Jendral Ahmad Yani Muara Teweh, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Provinsi Kalimantan Tengah, Senin [18/07/2022].

Hadir dalam kegiatan ini Perwira Staf Kodim 1013 / Muara Teweh, Para Danramil serta anggota Kodim 1013 / Muara Teweh dan PNS beserta jajaran.

Dalam Amanat Kasad yang dibacakan oleh Pabung 1013 / Muara Teweh, Mayor Infantri Heru Widodo selaku inspektur upacara mengatakan. “Pertama – tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat Ridhonya pada hari ini kita dapat mengikuti upacara bendera 17-an pada bulan Juli 2022 ini dalam keadaan sehat walafiat.

Pada apel Komandan Satuan bulan Juni lalu di Akademi Militer magelang ada beberapa hal yang telah saya sampaikan. Pertama, tingkatkan naluri intelijen khususnya di daerah operasi. Kedua, prajurit harus menguasai Medan operasi tipologi wilayah Karakteristik Wilayah masing – masing.

Ketiga laksanakan pembinaan personel secara terukur untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. Keempat, melakukan revisi terhadap doktrin yang disesuaikan dengan perkembangan lingkungan saat ini. Kelima, prajurit harus membantu menyukseskan program pemerintah dalam membantu kesulitan masyarakat.

Isu strategis Global yang saat ini sedang mengunggah adalah terjadinya krisis di negara Sri Langka yang diperkirakan menjalar ke negara – negara terkait. Hal tersebut saya minta seluruh prajurit TNI-AD dan keluarga tidak terpengaruh melainkan harus tetap optimis bahwa kita memiliki ketahanan nasional tangguh.

Oleh karenanya sebagai alat negara TNI-AD akan terus mendukung program – program pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan hal – hal yang telah dilakukan oleh TNI-AD salah satunya dalam mengawasi kelangkaan minyak goreng.

Invetasi terhadap bidang – bidang lain namun semata – mata merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah mengatasi persoalan sosial agar negara kita terhindar dari krisis seperti yang terjadi di negara lain.

Perlu diingat bahwa ancaman non militer di masa depan akan banyak memberi tekanan kepada survei fability suatu bangsa yang salah satunya adalah ketahanan pangan menyikapi hal tersebut satuan jajaran TNI-AD agar manfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif membantu masyarakat sekitar dan menjaga ketahanan pangan nasional.

“Hal lain Yang Juga Ingin saya sampaikan pada kesempatan ini, adalah rentannya negara kita terhadap berbagai bencana alam yang salah satunya adalah bencana kebakaran hutan dan lahan atau karhutla khususnya di wilayah pulau Sumatera dan Kalimantan,” ujarnya.

Hal ini menjadi bencana luar biasa yang dapat berdampak kepada lingkungan hidup dan ekosistem termasuk dampak lainnya di bidang sosial ekonomi.

Dalam rangka pencegahan saya perintahkan kepada seluruh prajurit TNI-AD khususnya yang berada di wilayah, untuk melaksanakan kerja sama dan koordinasi dengan instansi terkait untuk bersama – sama.

“Kita melaksanakan deteksi dini patroli mandiri dan patroli terpadu bersama Polri, Polisi Kehutanan, Pemerintah Daerah dan  masyarakat di samping itu dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di berikan foto siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan apel siaga serta pelatihan bagi prajurit dan masyarakat, upaya – upaya penting dan bermanfaat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi berbagai bahan yang terjadi di lingkungan kita sekaligus mampu memberikan solusi,” Pungkasnya.

[ Tim /red ]

SUMBER: [ Pendim 1013 / Muara Teweh ]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button