Dialog di TVRI, Biro SDM Polda Kalteng Sampaikan Rekrutmen Polri Dengan Prinsip Betah On

PALANGKA RAYA Рwww.liputankalteng.id || Polda Kalteng melalui Biro SDM menjadi narasumber Dialog di TVRI Kalteng yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (13/04/2023) sekitar  pukul 10.00 WIB.

Sebagai narasumber, Karo SDM Kombes Pol. Ivan Adhityas Nugraha, S.I.K.,diwakili Kasubbagdalpers AKP Saldicky Juanda Al Karim, S.I.K.,M.M.,didampingi Iptu Noviandhi Wahyu B., S.Sos.,M.A.P..

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa pada tahun ini Polda Kalteng kembali akan melaksanakan penerimaan Polri dari beberapa sumber, yaitu Akpol, Bintara, dan Tamtama yang pendaftarannya diperpanjang sampai tanggal 17 April 2023.

“Sampai saat ini animo yang mendaftar sebanyak 84 (delapan puluh empat) Taruna Akpol, 1.708 Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bintara Polair 3 (tiga) pendaftar, Bintara Brimob 70 (tujuh puluh) pendaftar, Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Bakomsus Nakes) 17 (tujuh belas)¬† pendaftar, Tamtama Brimob 82 (delapan puluh dua) pendaftar, dan Tamtama Polair 6 pendaftar,” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan bahwa pada tahun ini Polda Kalteng mendapatkan kuota untuk Akpol 5 (lima) Bintara Polki 375 (tiga ratus tujuh puluh lima) Bintara Polwan 19 (sembilan belas) Bintara Polair 3, (tiga) Bintara Brimob 17, (tujuh belas) Tamtama Polair 3 (tiga) dan tamtama Brimob 34, (tiga puluh empat).

“Untuk tempat pendidikannya, Tamtama dan Bintara Brimob di Pusdik Brimob Watukosek Jawa Timur, Tamtama Polair dan Bintara Polair di Pusdik Polair Pondok Dayung Jakarta, Bintara Polki di SPN Polda Kalteng, Bintara Polwan di Sepolwan, Dan Perwira Di Akademi Kepolisian Semarang Jawa Tengah,” ujarnya.

Sementara itu Iptu Novi menambahkan bahwa untuk pendidikan tamtama dan Bintara dibuka pada tanggal 25 Juli 2023 dengan lama pendidikan 5 (lima) bulan serta untuk pendidikan Akpol dibuka pada tanggal 2 (Dua) Agustus 2023 dengan lama pendidikan empat tahun.

“Untuk persyaratan umum yang wajib bagi tamtama yaitu berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun 7 (tujuh) bulan dan maksimal 22 (dua puluh dua) tahun dengan tinggi badan 165 (seratus enam puluh lima) Cm serta khusus ras Melanesia yaitu 163 (seratus enam puluh tiga) Cm,” ujarnya.

Selanjutnya untuk Bintara yaitu pendidikan paling rendah SMU atau sederajat, usia minimal 18 (delapan belas) tahun saat dilantik menjadi anggota Polri dengan tinggi badan Polki 165 (seratus enam puluh lima) Cm Dan Polwan 163 (seratus enam puluh tiga) Cm.

“Untuk Bintara kompetensi Khusus atau Bakomsus tenaga kesehatan meliputi program kebidanan, keperawatan, farmasi, keperawatan anastesiologi, kesehatan gigi, dan radiologi dengan minimal berijazah D-III sampai dengan S-1 dengan tinggi badan Pria 163 (seratus enam puluh tiga) Cm dan Wanita 160 (seratus enam puluh) Cm.

Diakhir kesempatan ia juga menyampaikan bahwa penerimaan Polri di Polda Kalteng selalu memegang Prinsip Betah On yaitu Bersih, Transparan, Akuntabilitas, Humanis dan On The Track.

“Kami juga mengimbau agar jangan ragu untuk melapor apabila ada oknum yang meminta imbalan dengan janji meloloskan karena penerimaan Polri itu Gratis atau tidak dipungut biasanya,” pungkasnya.

(Melly / Hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button