Rumkit Bhayangkara Gelar Pengobatan Gratis, Peduli Kesehatan Akibat Kabut Asap di CFD Palangka Raya

WWW.LIPUTANKALTENG.ID – PALANGKA RAYA ll Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah saat ini menyebabkan polusi udara akibat kabut asap dan berdampak kepada kondisi kesehatan masyarakat.

Akibat kabut asap, kemampuan kerja paru-paru berkurang dan menyebabkan kesulitan untuk bernafas.

Hal lain yang dipicu dari kepungan asap adalah iritasi mata, hidung, tenggorokan, memacu reaksi alergi, dan ISPA.

Prihatin atas kondisi itu, Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya Polda Kalteng menggelar pelayanan kesehatan atau pengobatan gratis kepada masyarakat yang terkena dampak akibat polusi asap karhutla bertempat di Area Car Free Day (CFD) kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Minggu (08/10/2023) pagi.

Masyarakat pengguna CFD terlihat antusias melakukan pemeriksaan di stan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit (Rumkit) Bhayangkara Palangka Raya tersebut.

“Kabut asap yang terjadi saat ini bikin sesak napasku. Alhamdulillah di sini ada dapat pemeriksaan dan obat gratis. Kami merasa senang,” ungkap Sari, seorang warga.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat III Palangka Raya melalui Ketua Tim Kesehatan Mobile (Kesmob) saat itu Penata Titik Nurcahyani, S.Kep.,Ners.,mengatakan kegiatan ini dalam rangka kepedulian Polda Kalteng terhadap masyarakat dalam mengobati penyakit akibat dampak asap karhutla.

“Seperti yang kita ketahui, baru-baru ini kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di lingkungan masyarakat semakin meningkat akibat polusi udara asap karhutla yang kian memburuk. Oleh karena itu, dalam membantu kesehatan masyarakat kami akan rutin mengadakan layanan ini dengan gratis”, tutur Titik.

Dilanjutkan wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pembina Fungsi (Kasubbagbinfung) Rumkit Bhayangkara Palangka Raya itu, antusias warga untuk memeriksakan diri di stan mereka cukup tinggi. Rata-rata mereka mengeluhkan penyakit saluran pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan dan lainnya.

“Kebanyakan yang datang berobat ke tempat pengobatan Nasdem ini mengeluhkan gejala ISPA. Namun juga ada beberapa yang mengeluhkan penyakit lain seperti asma dan sakit mata. Tim Kesehatan langsung memberikan obat sesuai dengan keluhan mereka tanpa dibeli,” tuturnya.

( Wan / Hms )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button