Keluarga Besar Ibnu Berikan Wakaf Tanah dan Bangunan Mesjid Baitul Gaza Kepada PDM Kota Palangka Raya

WWW.LIPUTANKALTENG.ID – PALANGKA RAYA || Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palangka Raya mengadakan kegiatan serah terima wakaf tanah dan bangunan masjid Baitul Gaza di atasnya dari keluarga besar Ibnu yang berlokasi di Jalan Manduhara Induk Kelurahan Kereng Bengkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (20/01/2024).

Lahan tersebut seluas 1.200 m2 dan diatas lahan tersebut telah ada bangunan masjid “Baitul Gaza” seluas 400 m2. Tanah ini merupakan tanah hak milik pewakaf yang berprofesi sebagai salah satu pengembang perumahan di Kota Palangka Raya.

Prosesi penandatanganan serah terima wakaf ini adalah upaya legal yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya atas kepemilikan aset tersebut.

Muhammad Wahib mewakili keluarga pewakaf menyampaikan terima kasih kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah menerima wakaf ini.

“Semoga tanah dan masjid ini bermanfaat bagi warga sekitarnya dan menjadi amal jariyah bagi orang tua kami yang telah meninggal dunia,” ucapnya.

Achmad Syar’i selaku ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah menyampaikan terima kasih kepada keluarga pewakaf yang telah mempercayakan wakaf tanah dan bangunan ini kepada Persyarikatan Muhammadiyah.

“Semoga warga setempat juga memakmurkan masjid Baitul Gaza baik dalam urusan ibadah maghdhoh maupun ghairu maghdhoh,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palangka Raya Muhammad Hanafiah Novie menyampaikan rasa syukurnya atas diwakafkannya tanah dan masjid ini

“Secara fisik, pembangunan masjid ini baru selesai sekitar 60-70% dan masih memerlukan dana sekitar 150 juta rupiah untuk penyelesaiannya. Untuk itu rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Muhammad Yusuf telah memberikan komitmen untuk membantu penyelesaian pembangunan masjid tersebut sebesar kurang lebih 200 juta rupiah,” jelasnya.

Muhammad juga menambahkan, selain bantuan untuk Penyelesaian Masjid, Pak Rektor juga memberikan berbagai macam beasiswa pendidikan tinggi kepada beberapa keluarga pewakaf untuk melanjutkan sekolah tinggi di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya sebagai ucapan terima kasih karena telah mewakafkan tanah dan masjid kepada Persyarikatan Muhammadiyah.

“Dengan adanya tambahan aset ini maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya menambah jumlah kepemilikan masjid. Saat ini aset yang telah ada adalah Masjid Mujahidin yang berada di jalan Rasak kelurahan Panarung kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya,” pungkasnya.

Serah terima wakaf tanah dan bangunan ini disaksikan oleh para tamu undangan. Hadir dalam prosesi serah terima wakaf ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya, dan jajarannya, ketua PCM Jekan Raya, PCM Sebangau, dan PCM Pahandut. Turut hadir ketua Dewan Masjid Indonesia provinsi Kalimantan Tengah, ketua RW dan RT dan warga sekitar Masjid.

(Muel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button