Dayak Misik Kalteng Gandeng Investor Korea Tanam Jenis Holtikultura

WWW.LIPUTANKALTENG.ID – PALANGKA RAYA ll Forum Koordinasi Kelompok Tani Dayak Misik Kalimantan Tengah (FKKTDM-KT) secara resmi telah menggandeng investor dari Korea dengan nama Forum Masyarakat Dayak dan Masyarakat Korea (Dayakor), yang nantinya akan bekerjasama dalam mengembangkan lahan untuk tanaman jenis holtikultura.

“Dayak Misik Kalteng beberapa waktu lalu telah melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan kelompok dayak Korea,” kata Ketua Umum FKKTDM-KT, Agie S.H.,M.Hum.,sa’at melakukan pertemuan dengan Ketua Dayak Korea (Dayakor) di Betang Hapakat Jalan RTA Milono, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (26/7/2023) Pagi.

Kelompok Dayak Misik Kalteng kata Agie, telah menyiapkan lahan seluas 1,8, (satu koma delapan) juta hektar yang tersebar di 13, (tiga bela) Kabupaten dan 1, (satu) Kota dengan jumlah Desa sebanyak 706, (tujuh ratus enam).

“Lahan ini nantinya akan dipakai untuk bertanam jenis holtikultura dengan pola bagi hasil antara kelompok tani Dayak Misik dan Dayakor Indonesia,” ucapnya.

Dia berharap, adanya kerjasama ini akan bermanfaat kedua belah pihak dan secara khusus bagi warga Dayak Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Proyek ini juga tetap harus menjunjung kearifan lokal serta menjaga kelestarian lingkungan, jadi tidak ada istilah pengrusakan lingkungan namun wajib menjaga untuk kesejahteraan masyarakat dayak Kalteng,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Umum Dayakor David D. H. Bak.,S.E.,M.M.,sangat optimis dan siap bekerjasama dengan kelompok Tani Dayak Misik Kalimantan Tengah untuk pembangunan kebun jenis sayur mayur dan buah – buahan.

“Dalam pembangunan kebun ini, kami siap dan ikut aturan dari kelompok tani Dayak Misik,” tandasnya.

( Irwan )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button