Basarnas Palangka Raya Siagakan Puluhan Personel, Jelan Natal dan Tahun Baru

WWW.LIPUTANKALTENG.ID – PALANGKA RAYA ll Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Palangka Raya gelar apel pembukaan Siaga SAR Khusus Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Bertempat di halaman Kantor Basarnas Palangka Raya, apel pembukaan dipimpin langsung Kepala Basarnas Palangka Raya AA. Ketut Alit Supartana, S.Pd.,dan diikuti oleh seluruh personil Basarnas Palangka Raya, Senin (18/12/2023)

Siaga SAR Khusus dilaksanakan selama 21, (dua puluh satu) hari, dimulai dari tanggal 18 Desember 2023, sampai dengan 7 Januari 2024. Dalam sambutanya Alit mengatakan “Siaga SAR Khusus merupakan agenda rutin yang kita laksanakan setiap tahun, namun demikian, tugas ini jangan hanya menjadi rutinitas yang monoton tetapi harus mampu menjawab potensi ancaman kedaruratan yang mungkin terjadi,” jelasnya.

Terutama di pelabuhan penyeberangan, ruas jalan, dan lokasi – lokasi pariwisata yang menjadi titik kumpul masyarakat. Untuk itu, kita perintahkan para petugas Siaga SAR Khusus agar menyiapkan sarana – prasarana agar siap operasi mengantisipasi terjadinya kondisi darurat selama masa perayaan natal dan pergantian tahun.

Siaga SAR Khusus kali ini Basarnas Palangka Raya menyiagakan 72, (tujuh puluh dua) orang personil yang tersebar di wilayah kerja Provinsi Kalimantan Tengah, baik yang berada di Kantor Basarnas Palangka Raya, Pos SAR Sampit, dan Pos SAR Pangkalan Bun.

Selain itu Basarnas Palangka Raya juga mengerahkan alat utama (Alut) SAR yang ditempatkan pada beberapa tempat strategis yang memiliki potensi rawan musibah atau kecelakaan.

Alut SAR yang disiagakan antara lain, Rescue Boat 305, (tiga kosong lima) Riggid Inflatable Boat, Rescue Car, Rescue Truck, Motor Trail, dan mobil ambulance. Selain itu Peralatan medis, Peralatan selam, peralatan ekstrikasi, beserta drone juga disiapkan guna menunjang pelaksanaan Siaga SAR Khusus.

“Dalam masa siaga SAR Khusus kali ini mari kita tingkatkan kewaspadaan kita, laksanakan patroli dan pemantauan di lokasi-lokasi pariwisata atau keramaian, terus mengupdate informasi cuaca, dan terakhir selalu bersinergi dengan para Potensi SAR dan Instansi terkait.” Tambah Alit.

Diprediksi pada masa perayaan natal dan pergantian tahun kali ini akan terjadi peningkatan arus mudik dan kepadatan massa di tempat wisata melebihi tahun – tahun sebelumnya.
Karena juga bertepatan dengan masa libur sekolah.

“Kepala Basarnas Palangka Raya
berpesan kepada seluruh personil agar dapat profesional dalam mengambil tindakan, dan selalu menjaga kesehatan agar selama pelaksanaan siaga SAR Khusus kali ini berjalan secara optimal dan lancar,” pungkas Alit.

( Red ).

SUMBER: (Hms Basarnas P.Raya)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button